Sabtu, 03 Januari 2009

Anak Anda Tertutup?


Mau tahu bagaimana sebetulnya sifat si kecil? Apakah ia termasuk yang bersifat terbuka atau tertutup? Anda tinggal menjawab BENAR atau SALAH pernyataan berikut, lalu jumlahkan dan simak apa arti nilai jawaban tersebut. Anak saya:
1. Menikmati kesendiriannya baik bila sedang berada di dalam kamarnya atau di tempat favoritnya.
2. Bila sedang asyik membaca buku atau sedang melakukan sesuatu yang digemarinya, perhatiannya hanya terfokus ke situ.
3. Jika sedang berbicara atau bila asyik melakukan sesuatu, merasa tidak senang bila diinterupsi. Sebaliknya, ia juga jarang menginterupsi.
4. Sebelum ikut bergabung dalam suatu permainan, biasanya lebih senang mengamati terlebih dahulu.
5. Gampang marah bila berada di tempat ramai atau bila harus berbagi tempat dengan orang lain untuk jangka waktu yang cukup lama, terutama bila dia sedang lelah.
6. Mendengar dengan penuh perhatian dan melakukan kontak mata yang baik. Namun bila dia berbicara, matanya kerap ke mana-mana.
7. Memperlihatkan mimik wajah dan gerak tubuh yang tenang atau tanpa ekspresi, terutama bila lelah atau berada di tempat yang ramai.
8. Kadang-kadang terlambat, ragu-ragu, atau lambat memberi respon.
9. Memerlukan waktu untuk berpikir sebelum memberikan jawaban.
10. Lebih banyak mendengar daripada berbicara, kecuali jika ia tertarik dengan topik pembicaraannya dan dalam hal ini dia akan berbicara dengan penuh semangat. Apalagi jika ia merasa nyaman dengan situasinya.
11. Tidak menyombongkan pengetahuan atau prestasi yang dimilikinya. Dari penampilannya sering tidak terlihat bahwa ia cerdas.
12. Untuk kegiatan yang padat yang disukainya dia lebih merasa gembira dibandingkan bersemangat.
13. Kadang-kadang mengalami masalah untuk mengemukakan sesuatu dan sering berbicara dengan suara yang pelan serta disertai jeda.
14. Sangat bersemangat dalam berpendapat, mengemukakan persepsi, pemikiran, perasaan dan reaksinya.
15. Tidak senang menjadi pusat perhatian.
16. Sulit ditebak. Jika di rumah atau dengan orang-orang terdekat, dia cerewet. Sebaliknya, jadi pendiam dengan orang/lingkungan baru.
17. Biasanya dikenal sebagai teman kelas yang pendiam, tenang, dan hati-hati.
18. Senang mengamati dan kadang memperhatikan hal yang kecil-kecil, yang luput dari perhatian orang lain.
19. Konsisten.
20. Merasa gelisah bila dikejar tenggat waktu.
21. Perasaannya mudah terbawa suasana.
22. Biasanya hanya mempunyai satu atau dua sahabat, tetapi mengenal banyak orang.
23. Tertarik pada permainan yang imajinaf, kreatif, dan tenang.
24. Merasa sangat lelah bila habis menghadiri suatu acara, semisal pesta, walaupun dia menikmatinya.


JAWABAN:
17-24 jawaban BENAR :
Anak Anda termasuk tipe yang tertutup. Sangat penting bagi Anda untuk memahami bagaimana cara membantunya agar tenaganya tetap mengalir. Dia perlu menghemat tenaganya dan menggunakannya secara bijaksana bila berada di luar lingkungannya dan ia memerlukan bantuan Anda untuk dapat merealisasikannya. Juga penting memperlihatkan kepadanya bahwa Anda mengerti dan dapat menerima temperamennya.

9-16 jawaban BENAR:
Si kecil berada di tengah-tengah, antara tertutup dan terbuka. Dia sering merasa sedih dan dilema karena pada satu saat dia ingin sendiri tetapi juga ingin berkumpul dengan yang lain. Anda harus peka pada suasana hatinya dan dapat mengetahui kapan dia mau berkumpul dengan orang lain dan kapan mau sendirian. Dengan demikian, Anda dapat membantunya mengembangkan jadwal yang terbaik untuknya.

1-8 jawaban BENAR:
Anak anda termasuk tipe terbuka. Ia senang berada dalam keramaian serta aktivitas yang melibatkan banyak orang. Anda harus dapat membuatnya selalu sibuk, tetapi juga membantu mengajarnya untuk tahu kapan saatnya untuk beristirahat.

Masih belum yakin si kecil termasuk tipe yang mana? Tanya diri sendiri, apakah ia perlu mengurangi aktivitasnya dan menghabiskan waktu sendirian atau dengan seseorang yang dekat dengannyai? Bila YA, berati si kecil termasuk tipe introvert. Namun tidak berarti anak yang introvert tidak menikmati keberadaannya bersama orang lain. Hanya saja mereka memerlukan waktu untuk sendirian.

Demikian juga bila anak Anda cenderung pendiam, biasanya dia cenderung lebih tertutup. Jika pada umumnya anak sangat senang dan bersemangat melakukan kegiatan di luar luar atau aktivitas yang melibatkan orang lain, biasanya dia termasuk tipe terbuka.(tribunbatam)

Tidak ada komentar: