Jumat, 16 Januari 2009

Menu untuk Anak Diare




Rabu, 14 Januari 2009

Tubuh bugar dan sehat ditandai saluran pencernaan yang sehat. Penyakit sering timbul karena saluran pencernaan kurang baik. Pada saluran pencernaan terdapat bakteri baik dan jahat yang disebut flora usus. Flora usus yang sehat didominasi bakteri baik. Bila keseimbangan flora usus terganggu, timbullah gangguan pencernaan. Antara lain diare.

Untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, bisa dilakukan dengan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi seimbang, dan cairan sesuai kebutuhan. Juga, asupan serat yang cukup sebagai sumber prebiotik atau makanan bagi bakteri baik.

Faktor yang bisa mengganggu keseimbangan flora usus, antara lain, pola makan yang salah. Flora usus bisa musnah karena antibiotik, diare, serta konsumsi makanan yang ada bahan pengawetnya.

Anak usia setahun termasuk kelompok yang perlu diberi perhatian khusus. Sebab, balita tergolong paling rentan terhadap penyakit dibandingkan golongan lain. Periode emas pertumbuhan otak terjadi pada periode tersebut. Anak balita belum bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

Untuk anak yang menderita diare, perlu dicari penyebabnya. Mungkin alergi makanan, minuman, atau kena virus. Untuk itu, perlu pemeriksaan medis. Bukan berarti anak tidak diberi makan, tetapi perlu pemilihan bahan makanan yang lebih teliti. Pola makannya, susu ASI/PASI semau bayi, bubur sekali, snack/biskuit bayi dua kali, nasi tim bayi lengkap dua kali sehari.

Kita perlu tahu penyebab diare. Sebab, bila bayi diare tidak tahan terhadap PASI (susu formula), konsumsi susu formula sementara dihentikan untuk dicarikan susu pengganti yang sesuai. Tetapi, makanan lain tetap diberikan dengan porsi sedikit dan intensitasnya lebih sering (porsi kecil tapi sering) supaya anak tetap mendapat cukup energi.

Bila bayi sudah terbiasa dengan makanan keluarga, sebaiknya hindari dulu konsumsi buah dan sayur. Keduanya merupakan sumber serat. Hindari juga makanan yang digoreng.

Cairan perlu diberikan sesuai kebutuhan untuk menghindari dehidrasi. Hindarkan air putih, sebaiknya air kacang hijau atau teh manis untuk mengimbangi keluarnya cairan yang keluar bersama feses (kotoran).

Contoh makanan yang diberikan untuk anak diare usia 1-3 tahun, antara lain, talam labu kuning, talam maizena, bubur kacang hijau, nasi tim ikan kakap, bubur ayam makaroni campur keju, dan misoa tim campur telur. Nah, selain obat dari dokter, sebaiknya anak ibu tetap diberi makanan sesuai kondisi. (*)

Eko Dwi Martini DCN

Ahli Gizi RSU dr Soetomo


sumber :batampos.co.id

Tidak ada komentar: